ags_sam@yahoo.com 08155116293
Youtuber, profesi baru yang menggiurkan dimasa depan
June 20, 2019
0

Youtuber adalah istilah untuk pengguna Youtube. Tak dapat dipungkiri, YouTube merupakan salah satu media alternatif untuk memanjakan mata dan telinga kita dengan berbagai videonya. Berbeda dengan televisi yang kanalnya terbatas, YouTube menyediakan aneka ragam video yang bisa kita pilih sendiri, mengingat model user-generated content yang membuat setiap orang dapat mengunggah video kreasi mereka. Perkembangan zaman dan teknologi membuat milenial kian kreatif. Misalnya dalam memilih profesi, kerja kantoran pun tak lagi menarik. Salah satu yang kini banyak dilirik adalah menjadi seorang YouTuber atau vlogger

Dengan perkembangan teknologi saat ini, kesempatan kerja semakin luas tercipta. Tak perlu menunggu lowongan kerja dari perusahaan, kini Kaum Milenial bisa menciptakan sendiri profesi yang diinginkan. Tidak seperti dulu, mahasiswa akan langsung melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan begitu lulus kuliah. Kini, banyak milenial memilih profesi sendiri. Tak pelak, jam kerja menjadi lebih fleksibel. Otomatis, makin tinggi kesempatan untuk meraih kenikmatan saat mampu bekerja sembari menyalurkan hobi.

Sekian profesi yang menjadi pilihan para milenial, antara lain online shop, penulis konten pekerja lepas, memiliki kedai kopi, dan blogger. Dari sekian pilihan tersebut, menjadi YouTuber kini cenderung banyak diminati. Online shop adalah profesi termudah. Dengan kekuatan media sosial dan produk yang bagus, para milenial gencar menjalankan profesi ini. Meski belum memiliki produk, tak jarang mereka mengawali dengan menjadi reseller. Menjadi penulis konten pekerja lepas pun diminati para milenial. Apalagi dengan semakin menjamurnya perusahaan yang bergerak di bidang media. Tidak perlu menjadi karyawan tetap, mereka menawarkan posisi kontributor bagi perusahaan-perusahaan media yang berminat merekrut sebagai penulis freelance.

Pekerjaan lain di bidang penulisan yang juga diminati milenial ini adalah menjadi blogger. Menjadi blogger sama sekali tidak terikat oleh perusahaan. Cukup bermodalkan internet saja, profesi ini sudah bisa dijalankan. Jika tidak memiliki modal cukup, profesi ini bisa dijalankan dengan menggunakan situs web gratisan seperti WordPress atau Blogspot. Milenial yang memiliki modal besar banyak yang mengambil pilihan membuka bisnis di bidang kuliner. Membuka kedai kopi, misalnya, bisa menjadi salah satu opsi untuk digeluti. Apalagi, gaya hidup sebagai penikmat kopi semakin melekat di kalangan anak muda.

Saat ini, yang banyak diminati para milenial adalah menjadi YouTuber. Tidak hanya memperoleh uang cukup besar, mereka juga bisa terkenal layaknya artis. Bahkan, banyak dari mereka yang kemudian di-endorse oleh beberapa produk.

Menjadi YouTuber adalah profesi paling asyik digeluti. Bagaimana tidak, hanya membuat video kemudian mengunggahnya di YouTube, sudah bisa menghasilkan uang. Hanya saja, tentu tak semudah itu untuk bisa eksis. Para milenial yang ingin berkibar sebagai YouTuber, harus bisa membuat konten yang bagus dan bermanfaat. Yang paling penting lagi, bagaimana membuat konten yang menarik perhatian. Jika sembarangan dalam membuat video, tentu tidak akan bisa menghasilkan uang sepeser pun.