ags_sam@yahoo.com 08155116293
Web Series, Sarana Promosi Masa Kini
September 30, 2019
0

Perkembangan teknologi yang begitu pesat semakin memudahkan para sineas untuk berkarya. Salah satunya dengan memanfaatkan internet untuk menelurkan karya berupa web series. Belakangan ini, produksi web series di Indonesia semakin marak dipertontonkan. Para sineas tanah air berlomba-lomba untuk membuat web series dengan jalan cerita yang apik dan dikemas dengan cukup baik layaknya film di bioskop. Di Indonesia sendiri, prospek Web Series bisa dikatakan cukup bagus. Terutama dengan animo masyarakat terhadap Youtube yang cukup tinggi. Maka bisa dibilang web series merupakan senjata ampuh bagi brand-brand perusahaan untuk memperkenalkan dirinya.

Kenapa Web Series Menjadi Pilihan?

Web series banyak disasar perusahaan untuk memasarkan produk atau layanannya. Seperti dilansir dari laman Metro TV News, webseries bertajuk “Sore” telah disponsori oleh Tropicana Slim sebagai konten promosinya. Webseries yang telah ditonton lebih dari 600 ribu kali di kanal Youtube ini mengampanyekan hidup sehat sebagai salah satu taktik pemasaran oleh pihak sponsor.

Ya, komunikasi marketing yang menyasar anak muda ini terbilang cukup sukses mengingat generasi muda sekarang mulai jarang menonton televisi dan lebih sering menonton konten hiburan lewat media digital. Pendekatan semacam ini dapat meningkatkan emotional value antara brand dengan target pasarnya melalui webseries. Belum lagi, pemilik channel juga diperkenankan untuk melakukan monetisasi atau membiarkan video yang diunggah untuk ditempeli iklan oleh Youtube. Sebagai kompensasinya, pemilik channel akan diberikan sejumlah dana dengan syarat-syarat tertentu. So, jangan heran jika kehadiran web series makin banyak dimanfaatkan perusahaan sebagai senjata untuk mempromosikan brandnya.

Youtube Sebagai Media Promosi

Ya, seperti yang kita tahu, Youtube adalah layanan video hosting online yang memungkinkan orang untuk berbagi video mereka. YouTube menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia, setelah Google yang menduduki peringkat pertama. Kini, pertumbuhan Youtube berkembang sangat cepat dengan pengguna yang mengunjunginya naik 3 kali lipat per tahunnya. Nah, bisa dibayangkan kan bagaimana Youtube akan berguna sebagai saluran pemasaran bisnis?

Bagaimana Impactnya?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, konten video selalu mempunyai potensi untuk viral. Selain itu, dengan menggunakan video sebagai media promosi, maka kamu juga bisa memasukkan logo di awal dan di akhir video. Dengan begitu, setiap orang yang menonton videomu akan terhubung dengan bisnismu. Setiap hari, jutaan video YouTube dibagikan/ dishare melalui Facebook, Twitter dan social media lainnya. Yang paling ekstrim, hal ini disebut ‘going viral’ ketika iklan online atau video dishare secara bersamaan dengan cepat oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Oke, setelah melihat peluang tersebut, kira-kira apa yang akan kamu lakukan sekarang? Yuk lihat beberapa contoh video series yang kami buat :