ags_sam@yahoo.com 08155116293
Video Marketting yang cocok untuk Perhotelan dan Hospitality
March 12, 2018
0

Video adalah konten yang perlu dipertimbangkan oleh brand dari bidang apapun. Sebelum membahas lebih jauh soal tipe konten video apa yang cocok untuk hotel atau brand hospitality, kami mau membahas sedikit kenapa konten video penting untuk Anda pertimbangkan.

Video adalah jenis konten yang sangat handal. Faktanya, video tidak hanya medium yang bisa mempengaruhi penonton, tetapi juga medium yang baik untuk mengikat mereka secara emosional. Akan tetapi sayangnya belum banyak pelaku industri perhotelan yang terjun dalam video marketing. Belum banyak brand perhotelan & hospitality yang memanfaatkan medium ini untuk mempengaruhi audiens dalam jumlah yang besar.

Fakta lain, menurut Hubspot, 90% pengguna Internet mengatakan bahwa video produk sangat membantu kosnumer dalam proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, sudah saatnya untuk brand hotel atau hospitality untuk terjun membuat video marketing.

Di era sosial media ini, sudah saatnya untuk meninggalkan bentuk-bentuk video konvensional, dan lebih berani berkreasi. Lalu, seperti apa bentuknya? Jangan cemas, karena kami sudah menyiapkan 6 ide konten video menarik untuk hotel & brand hospitality. Simak daftarnya di bawah ini:

Video Ads

Bentuk ini memang lebih konvensional. Akan tetapi, video iklan singkat memang masih efektif untuk mempromosikan sesuatu. Perbedaannya, ada banyak cara kreatif untuk membuat iklan yang lebih menarik. Tidak adanya lagi batasan waktu dalam memproduksi sebuah video, memungkinkan Anda untuk menjadi lebih kreatif.

Seperti video iklan yang dibuat untuk Shangri-la berikut ini:

Lihatlah bagaimana tak ada satupun visualisasi ruang atau fasilitas yang dimilik oleh jaringan hotel Shangri-la. Sama seperti sebelumnya, video iklan ini fokus pada the value of the brand. Video iklan ini bercerita tentang seorang petualang yang mengembara di tengah salju dan hampir tewas diterjang kerasnya alam.

Beruntung ada sedikit twist kecil di akhir video. Sekawanan serigala menghampiri petualang itu dan menghangatkan tubuhnya supaya ia bertahan hidup. Twist kecil yang indah! Tidak hanya itu, walaupun tak ada satupun visual hotel Shangri-la yang disajikan dengan gamblang, kita dapat memahami nilai apa yang ditawarkan oleh brand tersebut. Ditambah, sebuah kalimat manis menutup video iklan tersebut dengan begitu indah.

Film Pendek

Hah? Film pendek? Memangnya mungkin? Tentu saja. Di era video marketing, film pendek memang menjadi salah satu primadona. Kemasannya yang menarik, dengan balutan cerita yang menghibur, adalah tempat yang tepat untuk memberitahu penonton tentang brand anda.

Sebagai contoh, tontonlah film pendek yang dipersembahkan oleh jaringan hotel Marriott berikut ini:

Film ini bercerita tentang Ethan, seorang pelancong bisnis yang baru saja tiba di Paris. Ia bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Margaux yang membawanya ke sebuah dunia penuh keajaiban dan petualangan yang penuh imajinasi. Dengan cara bertutur realisme magis,  Margaux membawa Ethan melihat Paris dari sudut pandang berbeda. Sebab, memang begitulah alasan kita melancong, bukan?

Tonton dan saksikan bagaimana Marriott memperkenalkan the value of the brand dengan cara yang berbeda. Anda tidak perlu melulu fokus pada dengan kamar-kamar dan kecanggihan fasilitas yang anda miliki. Ingatlah kembali nilai apa yang anda ingin tawarkan pada penonton dan ceritakan dengan cara yang inovatif.

Product & Services

Oke, setelah membicarakan tipe video yang fokus pada the value of the brand, tak ada salahnya pula untuk masuk dan fokus pada produk dan jasa yang Anda tawarkan. Setiap hotel pasti memiliki produk atau jasa unggulan. Nah, kenapa tidak beritahukan hal tersebut pada penontonmu!

Jenis video ini tidak hanya bermanfaat untuk menarik perhatian bisnis lain yang sedang mencari venue acara, tetapi juga berguna untuk menarik perhatian konsumen yang mungkin juga sedang mencari tempat untuk acara ulang tahun atau pernikahan mereka.

Sajikan dengan cara semenarik mungkin, misalnya seperti video yang dibuat oleh Hotel Four Seasons di Milan berikut:

Pemaparannya tidak hanya menarik, namun video juga mampu mengkomunikasikan poin-poin penting tdengan cara yang sederhana. Dengan jahitan shot-shot yang indah, konsumen dapat memahami dengan mudah jenis jasa apa saja yang ditawarkan. Selain itu, nilai-nilai yang diutamakan oleh brand juga bisa dipotret dengan sempurna.

Behind The Scene

Ada banyak hal yang sebetulnya ingin diketahui oleh konsumen atau pengunjung hotel anda. Misalnya, bagaimana brand Anda mempersiapkan kamar sebelum mereka tinggali. Atau mungkin kue jahe yang Anda pamerkan di lobby utama, bagaimana proses pembuatannya?

Jadi, kenapa tidak menunjukan proses-proses tersebut pada mereka. Seperti video yang dibuat oleh The Ritz-Carlton berikut ini:

Tim baker dari The-Ritz Carlton menghabiskan waktu total 36 jam untuk membuat kue ini. Tentu ini fakta menarik yang penting dikomunikasikan ke publik lewat video. Jadi, kenapa tidak mempertimbangkan untuk membuat video serupa?

Tips & Tutorial

Ini juga merupakan jenis video yang tak kalah menarik dibandingkan video lainnya. Westin Hotel & Resorts pernah membuat satu seri video yang fokus pada tips & tutorial menjaga kebugaran selama travelling dan menginap di hotel mereka. Simak seri video tersebut di bawah ini:

Seperti yang Anda lihat, video-video ini mengambil latar di kamar hotel. Dengan ahli sebagai pemandu, konsumen dapat mengaplikasikannya ketika sedang menginap di hotel Anda. Dengan demikian, hubungan Anda dengan konsumen memiliki nilai pengikat yang lebih.