ags_sam@yahoo.com 08155116293
Video Marketing : Panduan lengkap membuat Video Marketing
April 1, 2019
0

Sebuah brand/ bisnis memerlukan video marketing sebagai strategi pemasarannya. Memang ide ini bukanlah ide yang baru. Hal barunya adalah bagaimana jenis media satu ini telah menjadi sorotan terbesar pada setiap platform dan saluran akhir-akhir ini. Jadi, strategi pemasaran ini bukan lagi sekadar bagian dari trik meningkatkan penjualan Anda. Video marketing telah memainkan peranan sangat besar dalam upaya menjangkau customer potensial dan kampanye brand Anda.

Apakah Anda memperhatikkan bahwa akhir-akhir ini brand-brand ternama lebih sering mengunggah konten video pada berbagai media sosial mereka? Ini karena para pakar dan eksekutif yang bekerja di berbagai platform media sosial sendiri juga turut mengatakan kalau video telah viral beberapa waktu belakangan ini. Google sendiri menyatakan bahwa mencipta konten video memang suatu cara cerdas bagi setiap perusahaan yang ingin melakukan pemasaran di era digital ini. Pada mesin telusur semacam Google, konten video juga kerap mendapat peringkat tinggi dan orang cenderung mengkliknya. 

Menurut riset yang dilakukan oleh badan penelitian HubSpot Research, 54% konsumen ingin melihat video dari brand yang mereka dukung dibandingkan dengan bentuk konten email newsletter(46%) atau gambar(41%). Hubspot juga menyatakan penemuannya bahwa konten video adalah yang paling berkesan bagi pasar(43%) dibandingkan dengan teks(18%) dan gambar(36%).

Nah, setelah mengetahui pentingnya video marketing, mari kenali apa saja langkah yang harus Anda lakukan untuk membuatnya. Namun sebelumnya mari ketahui definisi yang tepat dari video marketing!

Apa itu Video Marketing?

Video Marketing adalah suatu metode pemasaran baru dalam marketing online yang menggunakan media Video. Video Marketing merupakan strategi terbaik pemasaran bisnis/ brand Anda di era digital ini. Mengapa? Karena jika video marketing telah terkonsep dan menarik hasilnya, video ini bisa menampilkan gambar dan audio secara bersamaan yang mudah diserap audiens, sekaligus mengubah audiens menjadi customer Anda.

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebelum memulai perekaman video, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis video mana yang ingin Anda buat. Coba lihat daftar jenis video marketing berikut ini agar Anda bisa lebih memahami pilihan/ variasi medium pemasaran Anda!

Video Demo

Jenis video marketing satu ini menunjukkan bagaimana produk/ jasa Anda bekerja. Selain itu, Anda juga bisa tekankan pada nilai lebih dari brand Anda dibanding kompetitor bisnis Anda. Misalkan pada contoh video kami yang berikut ini!

Video Event Documentation

Video marketing yang satu ini bisa berisi rekaman ketika perusahaan Anda sedang menyelenggarakan seminar, diskusi produk, aksi sosial, atau berbagai jenis acara lainnya. Berikut adalah contoh videonya!

Video Tutorial / Edukasi

Video petunjuk/ edukasi ini bisa digunakan untuk mengajarkan customer atau audiens Anda sesuatu yang baru atau mungkin untuk membangun pengetahuan dasar yang mereka butuhkan dalam lebih memahami bisnis dan solusi dari brand Anda. Berikut adalah contohnya!

Video Branding

Kalau jenis video satu ini biasa digunakan untuk membantu audiens Anda lebih memahami mengapa mereka membutuhkan produk/ jasa Anda. Banyak video branding dari brand ternama biasanya memuat pesan yang menunjukkan bagaimana produk mereka bisa mengatasi kesulitan seseorang. Berikut adalah contohnya!

Video Testimonial Pelanggan

Customer potensial Anda tentu ingin tahu apakah produk Anda bisa menyelesaikan masalah khusus mereka, dan salah satu cara terbaik untuk memamerkan ini dan membangun kepercayaan mereka adalah dengan membuat video studi kasus yang menampilkan pelanggan Anda yang bahagia dan setia pada brand Anda. Cobalah ajak pelanggan Anda yang sudah ada untuk tampil di depan kamera dan menjelaskan bagaimana perusahaan Anda membantu mereka dalam mencapai tujuan mereka, seperti yang kami lakukan berikut!

Nah jika merujuk pada penjelasan diatas, Video Marketing sangat besar potensinya untuk membangun “Brand Awareness” konsumen anda bukan? Lantas bagaimana cara membuat Video Marketing yang bagus dan menarik? Tetep stay tune disini ya karena pembahasan lebih detil akan kami bahas di artikel selanjutnya. Salam