ags_sam@yahoo.com 08155116293
Tips Membuat Konten Video untuk Promosi Bisnis
March 11, 2019
0

Membuat sebuah media promosi kini bukan hanya sebatas gambar dan kata-kata. Seiring dengan berkembangnya teknologi, media yang digunakan semakin memudahkan orang-orang dalam mengakses informasi, termasuk melihat iklan sebuah produk yang mereka cari. Para pebisnis kini mulai berlomba memberikan konten agar dapat menarik perhatian calon konsumen. Salah satunya dengan membuat konten video yang sedang digemari pengguna internet.

Namun membuat konten video bukanlah hal yang mudah. Jika Anda berniat untuk menjadikan video sebagai konten promosi, berikutĀ  tips membuat konten video untuk promosi bisnis online Anda :

  1. Menciptakan hubungan emosional yang unik.

Membuat konten video untuk promosi bisnis online harus bisa diterjemahkan secara emosional sehingga mudah dipahami oleh siapapun yang melihatnya. Inilah sebabnya mengapa sebuah konten video untuk bisnis online dapat membawa seseorang menangis atau menginspirasi mereka hanya dengan menonton video Anda. Gambar, audio dan narasi yang digabungkan dalam bentuk video akan menjadi pengalaman yang menarik dan menyampaikan pesan lebih riil. Sebagai pebisnis online, Anda perlu menyadari pentingnya membuat media promosi berupa video agar dapat terhubung dengan pengguna internet dan dapat membangun kredibilitas merek dan daya tarik jangka panjang.

  1. Tampilkan kelebihan dan fitur dari produk Anda.

Menjual barang tentu saja harus mendeskripsikan tentang produk, baik secara fisik maupun secara teknis. Hanya saja, deskripsi produk yang sebenarnya bisa dijelaskan dalam konten lain kini harus dikreativitaskan dalam bentuk video. Anda harus bisa menampilkan nilai lebih dari produk Anda dibandingkan produk lain seperti apa saja fitur-fitur dan keuntungan dari produk tersebut. Dengan begitu, calon pelanggan Anda bisa yakin bahwa mereka membutuhkan produk tersebut dalam aktivitas sehari-hari.

  1. Video dibuat dengan durasi yang singkat.

Salah satu halangan dalam membuat konten video untuk promosi bisnis online adalah rentang waktu yang lama, terlebih lagi streaming menyedot kuota yang cukup besar. Mulailah untuk membuat konsep video dalam waktu yang singkat namun tetap berbobot. Lupakan niatan untuk memberikan informasi tentang produk sebanyak-banyaknya. Pasalnya, calon konsumen akan langsung menghentikan video atau kehilangan minat untuk menonton sampai habis apabila video yang Anda buat terlalu bertele-tele. Lebih baik menampilkan keunggulan produk yang Anda jual dalam waktu tak lebih dari dua menit.

  1. Sebarluaskan video Anda ke social media.

Menyebarkan video seluas-luasnya akan membuat calon pelanggan Anda dapat melihat konten yang Anda buat. Unggahlah video Anda ke YouTube, kemudian share ke media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Menyebarluaskan video, terbukti efektif untuk menaikkan penjualan. Anda pun dapat memanfaatkan Instagram, Path dan Whats App untuk menyebarkan video Anda secara viral.

  1. Sematkan video pada website atau toko online Anda.

Hal ini bertujuan untuk mengarahkan pelanggan yang biasa berbelanja di website atau toko online Anda dapat melihat video Anda. Terlebih lagi apabila video yang Anda miliki dikemas secara apik, pelanggan tentu tidak akan bosan dan semakin tertarik untuk melakukan pembelian. Apabila Anda membuat website atau toko online di Webpraktis, Anda dapat memasukkan video dengan mudah tanpa perlu mengunggahnya dan menunggu dalam waktu yang lama. Anda hanya perlu menyalin URL video yang telah Anda unggah melalui Youtube ataupun Vimeo dan mempublikasikannya melalui fitur video yang tersedia pada dashboard web Anda dan tidak perlu mencari kode html untuk menambahkan video pada website atau toko online Anda karena Webpraktis telah memfasilitasinya tanpa biaya tambahan sedikit pun. Hal ini merupakan solusi bagi pebisnis online yang ingin membuat website dengan mudah dan murah namun tetap memiliki fitur yang lengkap.

Selain mempraktikkan secara langsung tips membuat konten video untuk promosi bisnis onlineĀ  Anda, yang perlu diingat bahwa pemasangan video pada website atau toko online merupakan langkah awal untuk memudahkan pengunjung melihat video promosi Anda secara langsung