ags_sam@yahoo.com 08155116293
Meningkatkan Viewer dengan YouTube Ads
June 2, 2018
0

Sobat inet, tahukah anda jika Youtube Ads adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menjangkau banyak pemirsa? Selain membangun channel secara organik, cara lain untuk menjangkau dan berinteraksi dengan lebih banyak penonton adalah dengan berinvestasi dalam iklan di YouTube atau YouTube Ads. Grow-with-youtube-advertising

Untuk membantu mendorong jumlah penayangan dan subscriber di channel, Anda dapat membayar kampanye iklan untuk video di YouTube melalui AdWords untuk video. Anda dapat membuat iklan yang muncul sebelum video dimulai, atau di samping video pada halaman tontonan di YouTube.

Yang harus Anda lakukan adalah membuat iklan, menetapkan anggaran, dan menargetkan penonton yang diinginkan. Tidak ada harga minimum untuk menjalankan iklan, dan Anda dapat mengubah iklan, penargetan, dan anggaran kapan saja. Anda juga dapat mengakhiri kampanye kapan saja.

Nah, Bagi anda yang ingin mengiklankan video anda di youtube bisa anda perhatikan beberapa hal dibawah ini :

1. Bagaimana YouTube bekerja?

YouTube berdiri pada Februari 2005 dan telah berkembang dengan pesat. Menurut statistik YouTube memiliki lebih dari satu miliar pengguna — hamper sepertiga dari semua pengguna internet — dan setiap hari, orang menonton ratusan juta video setiap jam di YouTube dan menghasilkan miliaran kali penayangan.

YouTube secara keseluruhan, dan bahkan di perangkat seluler saja, telah menjangkau lebih banyak audiens yang berusia 18-34 dan 18-49 tahun daripada jaringan televisi kabel mana pun di Amerika Serikat.

Pertumbuhan waktu menonton di YouTube semakin cepat dannaik minimal 50% dari tahun ke tahun selama 3 tahun berturut-turut.

Jumlah orang yang menonton YouTube per hari naik sebesar 40% sejak Maret 2014 dn jumlah pengguna yang mengunjungi YouTube naik lebih dari 3 kali lipat per tahun.

YouTube menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia, setelah Google pada peringkat pertama (yang memiliki YouTube).

Hal ini berarti orang selalu mencari informasi menggunakan YouTube dan menemukan video yang berkaitan dengan topic yang mereka cari.

YouTube Video

YouTube menyediakan cara yang mudah bagi orang untuk menyimpan video online dan berbagi dengan orang lain.

YouTube video mencover semua topik video yang menurut orang-orang penting untuk diupload dan ditonton.

Video mudah untuk dibagi melalui bentuk lain, mulai dari social media, email dan website dan juga dapat di-embed ke dalam situs-situs lain.

Di samping setiap video di YouTube terdapat daftar suggested videos, yaitu video yang dikalkulasi mesin pencari YouTube, yang akan memberikan referensi kepada orang lain tentang video yang Anda tonton.

YouTube mendorong audiens untuk mengungkapkan pendapat mereka dari video yang mereka tonton, menyimpan video untuk ditonton nanti, atau berbagi video yang mereka sukai.

Anda dapat membuat video publik yang dapat dilihat oleh siapa pun, atau berbagi secara pribadi dengan orang yang dipilih.six-second-YouTube-ads-you-cannot-skip

YouTube Analytics

YouTube Analytics adalah analisis self-service dan reporting tool yang memberikan data tentang setiap video yang Anda upload, sehingga Anda dapat dengan mudah melacak berapa banyak views yang didapat, dari mana orang dating untuk menemukannya dan tipe orang apa yang menontonnya.

YouTube Analytics bisa memberikan Anda informasi mengenai :

  • Pengalaman pertama video, termasuk referral pertama dari video yang terkait, referral pertama dari pencarian YouTube (termasuk istilah pencarian yang digunakan), dan pertama kalinya video di-embed ke website lain.
  • Berapa banyak view yang datang dari referral source.
  • Di gender dan kelompok usia berapa video menjadi paling populer.
  • Negara mana yang videonya paling populer.
  • Berapa banyak komentar dan penilaian yang telah

YouTube Channels

Anda dapat mengatur YouTube channel untuk bisnis dan menggunakan video Anda juga secara bersamaan. Juga mengijinkan Anda untuk mengkustomasi channel Anda dengan image yang mewakili perusahaan Anda.

Channel Anda termasuk bagian ‘About’, di mana Anda dapat memberikan deskripsi singkat dari bisnis Anda dan link ke website atau rincian kontak.

Di channel milik sendiri, Anda dapat mengelompokkan video yang telah Anda buat dan upload, video yang Anda tonton dan like, playist dari video yang Anda buat.

Channel Anda akan memiliki web address (URL) yang dapat Anda promosikan di website Anda atau program marketing. Ini berarti ketik aAnda log in ke YouTube, video Anda akan terdaftar pada homepage YouTube.

Anda juga dapat membuat ‘playlist’ dalam channel Anda untuk mengatur video dari segi subyek atau tipenya.

Sebagai contoh, Anda bias memiliki playlist yang menampilkan video tentang masing-masing kategori produk.

YouTube Advertising

YouTube menggabungkan fitur yang memungkinkan sebuah bisnis untuk mempromosikan video mereka kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan bisnis tersebut, menargetkan customer dengan demografi, topik, atau minat.

Pengiklan membayar setiap kali seseorang melihat video mereka.

Di YouTube Ads, Anda dapat memilih lokasi iklan Anda akan muncul,bagaimana formatnya ,dan bahkan berapa banyak Anda bersedia membayar per tampilan (jika Anda ingin menampilkan keunggulan iklan Anda dari pesaing).

2. Pertumbuhan Youtuber di Indonesia

Anda bisa menebak seberapa tinggi pertumbuhan YouTube di Indonesia?

Menurut sebuah situs berita, pertumbuhan video YouTube Indonesia sangat pesat dan menjadi yang terbesar di Asia Pasifik.

Peningkatan di Indonesia dari tahun ke tahun mencapai 600% berdasarkan kuarta lketiga 2015 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini 3 kali lebih besar dari negara lain di Asia Pasifik.

Mayoritas orang mengakses YouTube melalui smartphone dan rata-rata menghabiskan waktu selama 30 menit.

3. Benefit dari YouTube untuk Bisnis

Jika Anda sudah melihat pertumbuhan YouTube yang semakin meningkat setiap tahunnya, sekarang Anda dapat membayangkan jika social media yang satu ini digunakan sebagai sarana bisnis Anda.

Wow! Menggiurkan? Sudah pasti! Namun sebelum itu Anda harus mengetahui benefit apa yang Anda dapatkan jika menggunakan YouTube untuk berbisnis.

  • Mendemonstrasikan produk
  • Menciptakan komunitas
  • Menunjukkan keahlian
  • Menghemat bandwidth
  • Menunjukkan ‘personality’ merk Anda
  • Memanfaatkan event atau promosi
  • Memecahkan masalah customer

Ok, benefitnya sudah disebutkan. Mungkin Anda ingin segera mulai untuk menggunakan YouTube untuk berbisnis. Kalau begitu, berikut ini ada beberapa tips menggunakanYoutube untuk Anda.

Beikut ini adalah beberapa video yang kami publish dan menjadi viral. telah ditonoton ratusan bahkan jutaan penonton

Selanjutnya?

Anda sudah berada di ujung artikel tentang YouTube ini. Jadi apa yang akan Anda lakukan sekarang? Diam di tempat karena masih kurang yakin dengan media social yang satu ini dan terus mendalaminya terlbehi dahulu atau mengambil kesempatan ini dan langsung menerapkannya untuk memperluas pemasaran bisnis Anda?

Tidak masalah, apapun keputusan Anda, yang penting Anda siap untuk belajar dan mau mencobanya. Karena dengan mencoba, Anda akan mendapatkan pengalaman baru dan akan semakin aware tentang apa yang harus Anda perbaiki ke depannya.

Selamat bereksperimen!